BIMBEL ADZKIA MEDAN

Tips dan Trik Menjaga Fokus Belajar di Bulan Puasa

Bulan puasa telah tiba! Bagaimana agar bisa menjaga fokus belajar di bulan puasa? Saatnya berlomba-lomba memberikan upaya maksimal dengan beramal, beribadah, belajar dan berpuasa. Agar setelah melewati bulan puasa, kamu menjadi orang yang lebih baik lagi.

Hei dek! Ayo SNBT 2024 sudah didepan mata. Harusnya semangat kamu semakin berlipat ganda di bulan puasa ini. Bahkan belajar itu ibadah paling utama karena dengan ilmu, kita bisa melaksanakan ibadah wajib dengan benar. Dengan belajar, kamu bisa lulus di SNBT 2024.

Berikut ini kakak ADZKIA ingin membagikan tips dalam menjaga fokus Belajar di Bulan Puasa. Dengan persiapan dan strategi yang tepat, kamu akan lebih produktif belajarnya.

Jangan Lupa Sahur

Agar fokus belajar di bulan puasa dapat terjaga, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah Sahur. Salah satu keutamaan ibadah puasa adalah melaksanakan sahur. Karena dengan mengawali hari puasa dengan sahur, membantu memberikan energi yang cukup sampai waktu berbuka puasa.

Sementara itu, belajar adalah aktivitas berfikir yang membutuhkan energi yang cukup untuk sampai ke tahap fokus. Dengan tidak melupakan sahur, kemungkinan kamu mengalami dehidrasi akan terminimalisir sehingga fisik mendukung untuk melakukan aktivitas belajar

Tidur Yang Cukup

Tips selanjutnya adalah istirahat yang cukup dengan tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas akan menyeimbangkan kembali fungsi otak karena bagaimanapun otak membutuhkan istirahat.

Saat puasa tiba pola tidur agak sedikit berubah. Pada malam harinya kamu akan ibadah sholat tarawih sedangkan kamu juga harus bangun lebih cepat untuk melakukan sahur. Ini yang harus adik-adik perhatikan.

Lantas, bagaimana sebaiknya waktu tidur saat puasa? Tetap tidak ada yang berubah, tidurlah lebih awal dan bangunlah lebih cepat.

Buat To Do List Setelah Tarawih

List daftar yang harus dilakukan atau Things To Get Done manfaatnya sangat besar dalam manajemen waktu dengan baik. Sehingga tidak akan ada waktu yang terbuang sia-sia.

Buatlah agenda satu hari dimulai dari agenda sebelum sahur sampai selesai sholat tarawih kembali. Kemudian evaluasi apa yang sudah dikerjakan dan mana yang belum dikerjakan. Dan untuk yang belum dikerjakan, pastikan kembali kapan akan dituntaskan.

Belajar 30 Menit Sebelum Sahur

Sebenarnya pola aktivitas saat ibadah puasa itu sangat sehat lho adik-adik. Kamu bisa memanajemen waktu dengan belajar 30 menit sebelum sahur dan 30 menit setelah subuh. Dengan satu jam belajar di pagi hari, otak lebih maksimal untuk berfikir karena sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup sebelumnya.

Dengan belajar 30 menit sebelum sahur artinya kamu sudah mengerjakan satu agenda yang kamu tulis pada To Do List. Biasanya setelah sukses mengerjakan satu agenda, otak menjadi lebih terpacu dan semangat untuk mengerjakan agenda lainnya. Dan kebalikannya, bila mengawali hari dengan kegagalan maka otak merespon terbiasa dengan kegagalan-kegagalan selanjutnya.

Baca disini: Ini Dia 6 Tipe Mahasiswa, Kamu Mau Tipe Yang Mana?

Olahraga Ringan

 Olahaga teratur dapat membantu fokus belajar dan konsentrasi lho adik-adik. Karena dengan olahraga, supplai oksigen didalam darah mengalir ke otak lebih lancar. Itulah yang membuat otak mampu bekerja keras untuk memecahkan soal-soal Tes Potensi Skolastik.

Selain itu, olahraga dapat memacu hormone endorphin yang memberikan rasa semangat, gairah dan happy bagi orang yang melakukannya. Mungkin tipe olahraga saat bulan puasa dapat disesuaikan dengan model olahraga yang ringan-ringan.

Diskusi dan Konsultasi Dengan Tentor

Tentor adalah orang yang expert dalam pengetahuan di bidang tertentu. Untuk mengerjakan soal-soal Skolastik yang merupakan soal SNBT 2024 maka kamu harus mencari tentor yang expet di bidang itu.

Bimbel ADZKIA adalah Bimbingan spesialis persiapan PTN yang sudah teruji kualitas tentornya. Mereka adalah tentor-tentor terbaik yang berasal dari PTN yang sudah melewati seleksi yang ketat. Cara mengajar tentor ADZKIA mampu meningkatkan minat dan fokus belajar siswa lebih baik lagi.

Dengan metode belajar di kelas, kuis setiap lesnya, TryOut dan diskusi setiap harinya mampu meluluskan ribuan siswa ke UI, UGM, USU, ITB, Univ. Brawijaya dan PTN favorit lainnya

Baca Buku di Sore Hari Jelang Berbuka

Setelah belajar di Bimbel ADZKIA pada siang hari, kamu dapat mengisi waktu dengan baca buku di sore harinya. Untuk referensi buku itu sendiri bisa buku fiksi atau non fiksi. Kemudian, mengisi waktu dengan membaca Al-Qur’an beserta terjemahannya.

Baca disini : Harus Kreatif ! 7 Tips Agar Bisa Kuliah Gratis Di PTN

Saatnya Tingkatkan Fokus Belajar Kamu

Bagaimana, adik-adik ADZKIA? Engga sulit kan ningkatin fokus belajar saat bulan puasa! Yang sulit sebenarnya adalah kemauan.

Karena UTBK SNBT 2024 semakin dekat, saatnya tingkatkan fokus belajar kamu. Dan Praktikan apa yang sudah kakak ADZKIA sampaikan ya! Kalau mau mencari tempat yang paling kondusif yang bisa memaksimalin persiapan kamu, Bimbel ADZKIA adalah tempatnya.

Ayuk, Belajar Persiapan PTN 2024 di Kelas Intensif Bimbel ADZKIA Yang mana kita akan belajar full satu bulan lebih setiap harinya.

***

Bimbingan Konsultasi Belajar ADZKIA

Open Class: Super Intensif UTBK-SNBT 2024

Jalan Hayam Wuruk No. 15 AB Medan

Mobile Phone Or WhatsApp: 08116714445

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments