BIMBEL ADZKIA MEDAN

KENALAN DENGAN JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN YUK!

Tau gak sih, Jurusan apa yang sedang populer di SNBP 2024? Yups, Ekonomi Pembangunan atau EP..!!

Kali ini kakak ADZKIA mau bahas salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya di SNBP atau Jalur Undangan. Banyak nih yang nanya ke kakak tentang prospek kerja setelah menjadi Alumni EP.

Memang, jalur yang satu ini masih kalah populer dengan jurusan sesama Fakultas Ekonomi dan Bisnis seperti Akuntansi dan Manajemen. Tapi jurusan yang satu ini kerap sekali dibutuhkan dalam penerimaan-penerimaan Lembaga Keuangan Negara. Bahkan tidak tanggung-tanggung, sekelas Bank Indonesia (BI) meminta klasifikasi jurusan kuliah ini untuk menempati posisi strategi di BI.

Jurusan EP, Jurusannya Ibu Menkeu

Kakak ADZKIA mau nanya nih. Siapa menteri keuangan RI periode 2019-2024? Kalau engga tau kebangetan banget nih. Ibu Sri Mulyani, Menkeu kita itu alumni Ekonomi dan Studi Pembangunan UI lho..! beliau lulusan terbaik kala itu saat meraih gelarnya di UI tahun 1986.

Selain itu, Beliau merupakan Dosen di FEB UI. Karena kesibukannya sebagai Menkeu, beliau tetap sesekali mengajar di UI mengajar mata kuliah Ekonomi Makro dan Mikro. Bahkan, Ibu Ani (panggilan akrab Ibu Menkeu) masih beberapa kesempatan menguji sidang skripsi Mahasiswa FEB UI. Gimana ya rasanya sidang skripsi yang menguji langsung seorang menkeu. Gak kebayang deh, betapa bangganya itu mahasiswa. Bangga plus deg-degan pastinya kan yaa…

Skill Yang Dipelajari di EP

Nah, sekarang kakak ADZKIA langsung saja membahas skill mahasiswa EP? Ini dia, skill yang akan kamu dapatkan saat berkuliah di Ekonomi Pembangunan.

Critical Thinking

Skill yang satu ini sangat identic dengan jurusan EP. Karena jurusan ini ibaratkan Filsafatnya Ekonomi. Pembelajarnya seperti filsuf yang memikirkan persoalan penting Negara dan Bangsa ini. Mulai dari masalah pengangguran, kemiskinan, inflasi, permintaan dan penawaran agregat dan masih banyak lagi.

Makanya ada candaan sesama Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Masalah Ekonomi aja aku fikirin, apalagi kamu? Aaa shiiiaaap..

Nah, skill pemecahan masalah itu namanya critical thinking. Selain itu, skill ini memang sangat penting untuk survival di dunia kerja. Anak EP memang rajanya kalau soal critical thinking.

Analisis Data

Di jurusan Ekonomi Pembangunan kita akan belajar dengan dosen yang expert dibidang statistika dan ekonometrika. Mahasiswa pasti akan mengambil kedua mata kuliah wajib ini. kata-kata seniornya sih, mata kuliah ekonometrika adalah matkul yang paling horror. Susah lulusnya!

Namun, kalau berhasil lulus di matkul ini kamu bakal ahli dalam perencanaan ekonomi. Kamu juga akan mempelajari software-sofware wajib seperti SPSS, Eviews, Amos, Lisrel dan banyak lagi aplikasi yang berkaitan dengan statistika.

Analisa Kebijakan

Mata kuliah atau matkul yang berhubungan dengan kebijakan pemerintah ada Pengantar Ekonomi Moneter, Fiskal, Perekonomian Indonesia, Ekonomi Politik dan lainnya. Sehingga mahasiswa EP ini bisa menganalisis kebijakan ekonomi secara komprehensif. Seru kalau lihat anak EP adu argumentasi dengan pengambil kebijakan ekonomi. Mereka kuat sekali teori dan aplikasinya.

Kewirausahaan

Skill berwirausaha ada di matkul kewirausahaan. Nanti kalau kamu jadi mahasiswa EP akan mengambil matkul yang satu ini. Disini, mahasiswa belajar e-commerce, bisnis inovatis, digital bisnis, marketing dan banyak lagi.

Sehingga lulusan EP itu tidak hanya berkarir sebagai pengambil kebijakan, mereka juga bisa menularkan semangat wirausaha dan membuka lapangan pekerjaan.

Makin Tambah Yakin Ambil EP?

Mungkin saja jurusan ini adalah pilihan yang tepat buat kamu. Untuk memastikannya kita TES PROSMENU dulu yuk di Bimbel ADZKIA. Supaya makin mantap, dan pilih jurusan tidak asal-asalan. Karena nanti yang ruginya kamu sendiri kalau ngasal ambil jurusan.

Salah pilih jurusan maka salah mengambil karir. Bersama ADZKIA Raih Suksesmu Sesuai Minat Bakatmu.

Baca disini: Mau Tau Anak Hukum Berkarir Dimana Aja? Intip Yuk

Bimbingan Konsultasi Belajar ADZKIA

Open Class: Super Intensif UTBK-SNBT 2024

Jalan Hayam Wuruk No. 15 AB Medan

Mobile Phone Or WhatsApp: 08116714445

Artikel Terkini

Facebook
Twitter
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkini

Mini Galeri