BIMBEL ADZKIA MEDAN

KAMU WAJIB TAHU! ISTILAH AKADEMIK DIKULIAHAN

Dalam perkuliahan itu, kamu akan sering mendengar istilah-istilah akademik seperti SKS, KRS, Doping, IP dan lainnya. ADZKIA mengangkat tema yang satu ini karena bentar lagi kamu berstatus mahasiswa. Kira-kira istilah ini perlu dihafal kak? Engga perlu lah, Ngapain pula itu dihafal ya kan.

Daripada itu, lebih baik hafal rumus singkat Kartu AS dari Bimbel ADZKIA. Apa pula itu kak, Kartu AS? ADZKIA Solution! Rumus Cara Cepat alias CarCep yang bikin kamu sat set sat set ngerjain soal.

Kakak ADZKIA sudah engga sabar melihat kalian lulus di SNBP atau SNBT tahun 2024. Sangkin tidak sabarnya kakak ADZKIA, artikel ini kakak tulis untuk menyemangatin kamu agar makin giat tuk meraih impiannya di PTN Favorit.

Udah Tau Belum?

Udah tau apa nih kak? Pertanyaan aja belum ada. Maksud kakak sudah tau belum istilah seputar akademik perkuliahan yang paling populer? Kali ini kakak ADZKIA mau bahas sedikit nih istilah akademik anak kuliahan.

Wali Akademik

Wali akademik atau DPA (Dosen Pembimbing Akademik) yang bertugas membimbing mahasiswa, termasuk yang menasihati mahasiswa dalam kaitannya soal akademik mahasiswa.

Nanti tuh, masing-masing mahasiswa akan mendapatkan DPA. Kemudian, Beliau yang terpilih lah yang bakal jadi mentor kamu sampai tamat. Termasuk yang menandantangani KRS kamu. Apalagi itu kak, KRS??

Kartu Rencana Studi (KRS)

Istilah satu ini adalah kartu saktinya mahasiswa selain buku bimbingan akademik. Selanjutnya, KRS ini berisikan matkul yang kamu ambil dalam satu semester. Nantinya, DPA akan menandatangani KRS kamu.

Selanjutnya, hasil studi kamu keluar dalam bentuk KHS (Kartu Hasil Studi). Berisikan nilai atau capaian kamu selama satu semester. Apakah dapat A,B,C atau D. Parah nih kalau kamu kedapatan nilai D alias wajib mengulang lagi satu semester. Bakal kena seminar alias ceramah plus deh sama DPA atau Wali Akademik kamu.

SKS (Sistim Kredit Semester)

Misalnya nih kalau kamu di kantin dengar senior bilang gini. “aduh aku dapat satu SKS sama ibuku dirumah sebelum kesini”. Artinya kalau si senior kena kuliah alias kena ceramah selama 50 menit sama ibunya. Untung dia engga kena 3 SKS artinya 3x 50 menit sama dengan 150 menit.

Kemudian, biasanya dalam satu semester maksimal mahasiswa boleh mengambil 24 SKS. Nanti terdiri dari matkul yang berbeda-beda SKS-nya. Ada yang 2 SKS dan 3 SKS. Oleh karena itu, semakin bagus IP kamu maka kamu berkesempatan mengambil SKS maksimal dalam satu semester. Sementara itu, kalau Jeblok IP kamu maka siap-siap lah hanya sedikit yang bisa kamu ambil. Mahasiswa cepat tamat karena IP-nya bagus terus kayak kakak ADZKIA. Hehe.

Dan model belajarnya terserah dosennya ya dik. Biasanya nih pengalaman kakak ADZKIA, dosen bakal buat kesepakatan belajar bersama mahasiswanya. Bisa berupa tatap muka di kelas, meeting online, korespodensi, workshop, studi tour, tugas dan lain-lain.

Baca disini: Lebih Banyak Prodi! Ini Dia Ketentuan SNBT 2024

IP (Indeks Prestasi)

Nah tadi diatas kakak menyinggung sedikit tentang IP. Itu Singkatan Internet Protocol. #eh bukan salah ya! Itu lain lagi

IP adalah singkatan dari Indeks Prestasi. Udah tau belum syarat lulus kuliah Cum Laude (Pujian)? Mahasiswa yang IP cumlaude adalah yang mendapatkan IP kumulatif sama dengan atau lebih besar dari 3,51 sampai 4,00.

Tentus saja, mahasiswa model begini adalah mahasiswa berprestasi dengan meraih beasiswa. Nah, kalau mau laga gengsi disini aja. Jangan pamer-pamer hape, motor, mobil di kampus. Pamerin IP aja, Buat ortu kamu bangga atas prestasi kamu di PTN.

Sudah Ya Sekian Dulu

Nanti kita lanjutin ya istilah berikutnya. Semoga dengan artikel ini menambah semangat kamu untuk mengejar cita-cita lulus PTN Favorit. Selain itu, masuk PTN itu memang butuh perjuangan besar adik-adik. Dan, memang engga gampang! Namun kalau sudah masuk, BEASISWA udah nungguin kamu.

Ayuk, Belajar Persiapan PTN 2024 di Kelas Intensif Bimbel ADZKIA yang akan mulai pada 14 Maret ini. Yang mana kita akan belajar full satu bulan lebih setiap harinya.

***

Bimbingan Konsultasi Belajar ADZKIA

Open Class: Super Intensif UTBK-SNBT 2024.

Jalan Hayam Wuruk No. 15 AB Medan

Mobile Phone or WhatsApp : 08116714445

Facebook
Twitter
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkini

Mini Galeri