BIMBEL ADZKIA MEDAN

MAHASISWA HUKUM BERKARIR DIMANA AJA? INTIP YUK

Mahasiswa Fakultas Hukum indentik mencetak lulusannya untuk berkarir sebagai pengacara. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah. Padahal, masih banyak profesi keren lainnya yang membutuhkan keahlian ilmu hukum.

JURUSAN ILMU HUKUM

Hukum adalah seperangkat aturan-aturan yang pada intinya menciptakan ketertiban, keteraturan dan keadilan. Oleh karenanya, ilmu hukum hadir untuk memahami masalah hukum itu sendiri.

Selain itu, ilmu hukum membutuhkan sebuah analisa, kemampuan membangun argumentatif, komunikatif bahkan mengerti psikologi manusia.
Bayangkan betapa kompleksnya ilmu hukum ini kan. Maka tidak heran, lulusan fakultas Hukum dapat bekerja diberbagai profesi mentereng.

Baca disini : SMA AN-NIZAM Hadirkan Motivator UGM, Siswa Sangat Antusias!

11 PROSPEK KERJA IMPIAN ANAK HUKUM

Dengan kemampuannya itu, anak hukum menempati posisi macam-macam lho. Apa saja prospek kerja setelah lulus di Fakutas Hukum? Yuk Simak Penjelasan dari Kakak ADZKIA

PENGACARA
Penasihat Hukum (Foto: iStock)

Profesi pengacara merupakan pekerjaan impian sebagian besar anak hukum. Setiap problematika hukum, seorang klien membutuhkan pengacara yang kompeten.

Selain itu, Pengacara yang cerdas dan berkompeten memberikan masukan, pendampingan dan rasa keadilan bagi kliennya. Maka jangan heran untuk income seorang pengacara lumayan juga lho. Selain itu, seorang pengacara harus memiliki integritas. Hal itu yang membuat seorang pengacara menjadi berkelas.

HAKIM

Profesi ini merupakan Profesi yang mulia. Karena keputusan atas suatu perkara berada ditangan hakim. Untuk bisa menjadi seorang hakim tidak mudah. Dalam status sosial masyarakat, seorang hakim mendapatkan posisi sosial yang dihormati.

NOTARIS

Prospek kerja impian anak hukum selanjutnya adalah Notaris. Kebutuhan bisnis saat ini membutuhkan jasa notaris untuk kepastian hukum. Dokumen-dokumen seperti perjanjian dan membuat badan usaha membutuhkan jasa notaris. Berbeda dengan pengacara yang hanya melayani satu klien, sementara itu notaris bisa melayani pihak manapun.

JAKSA
Gedung Kejaksaan Agung RI (Foto: Twitter @KejaksaanRI)

Profesi yang satu ini merupakan Profesi yang membutuhkan keahlian yang mumpuni. Karena Profesi ini bekerja untuk pemerintah maka status seorang Jaksa adalah pegawai negeri sipil (PNS).

Baca disini : Kamu Wajib Tahu! Istilah Akademik Dikuliahan

KONSULTAN HUKUM

Lulusan hukum dapat membuat kantor Konsultan Hukum yang melayani individu, kelompok maupun badan usaha.

POLISI

Sebagai aparat penegak hukum yang berada digaris depan tentunya harus paham hukum. Alumni hukum juga bisa bekerja di instansi kepolisian Negara RI.

DIPLOMAT
Para Diplomat Pada Sidang PBB (Foto: Campuspedia)

Selama ini mungkin banyak yang berfikir profesi diplomat hanya untuk mahasiswa Hubungan Internasional. Namun di Fakultas hukum ternyata ada konsentrasi mata kuliah hukum internasional. Sehingga memungkinkan lulusan sarjana hukum bisa berkarir menjadi seorang Diplomat.

Kompetensi seorang Diplomat lainnya adalah kemampuan menguasai bahasa asing minimal bahasa inggris. Pekerjaan diplomat mengharuskannya untuk berkomunikasi dengan diplomat dari negara lain.

STAF KEMENTERIAN

Kementerian Hukum membutuhkan lulusan hukum yang berkompeten. Berstatus pegawai negara, lulusan hukum merupakan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan Kementerian.

LEGAL STAF

Perusahaan besar membutuhkan Legal Staf yang pekerjaan mengurusi dan mewakili perusahaan. Pekerjaan seperti membuat dokumen, mengurus perizinan dan memberikan nasihat hukum kepada pemilik perusahaan.

DOSEN

Institusi Kampus membutuhkan Dosen dengan kualifikasi pendidikan minimal tingkat S2 (magister) untuk jurusan Hukum. Selanjutnya, Dosen hukum yang berkualitas akan menghasilkan mahasiswa yang berkompeten. Kontribusi dosen sangat besar membangun bangsa ini. Karena pendidikan adalah pilar utama keberhasilan suatu negara. Gimana, Berminat menjadi dosen hukum?

Baca disini : UTBK Dalam Hitungan Hari, ADZKIA Adakan TryOut Pamungkas!

PENGUSAHA

Seorang pengusaha membutuhkan pengetahuan tentang hukum. Minimal pengetahuan hukum dasar. Biasanya, pengusaha yang mengerti hukum lebih sukses dalam membangun bisnis.

Selain itu, Mahasiswa hukum yang hobinya bisnis dan jualan selama di kampus berpotensi menjadi pengusaha besar di masa depan. Pebisnis dengan background jurusan hukum bisa membaca risiko kegagalan bisnis.

MENJADI MAHASISWA HUKUM
Mahasiswa Fakultas Hukum (Foto: Fakultas Hukum USU)

Menjadi mahasiswa fakultas hukum itu sangat keren dengan prospek kerja yang sangat luas. Agar bisa menyandang status mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jurusan Hukum harus ada effort dan ketekunan luar biasa. Kamu yang saat ini sedang berjuang menggapai impiannya di SNBT 2024 bisa lulus di Fakultas Hukum PTN. Sangat bisa sekali.

KESIMPULAN

Menjadi mahasiswa hukum di PTN favorit membutuhkan effort yang nyata dan capaian yang jelas. Misalnya nih, baca buku sebelum tidur setiap hari, membahas soal minimal 10 soal setiap hari dan belajar selama 30 menit sebelum waktu sholat subuh. Intinya, Semakin besar perjuangan adik-adik maka percayalah kelulusan di PTN semakin nyata.

Memang kebiasaan itu harus dibangun dengan konsisten. Bila sulit, hal yang perlu adik-adik lakukan dengan mencari mentor atau coach. Seperti yang dilakukan oleh Bimbel Adzkia selama ini. Disini, tidak hanya sekadar belajar namun juga dorongan dan strategi jitu lulus PTN.

Selain itu, tentor konsultasinya ramah-ramah lho. Kamu seperti tidak bersama guru melainkan seperti bersama kakak sendiri.
Gimana adik-adik Berminat menjadi mahasiswa Hukum? Bersama Bimbel Adzkia , Raih impian kamu menjadi mahasiswa hukum di PTN Favorit.

**

Bimbingan Konsultasi Belajar ADZKIA

Bimbel Persiapan PTN dan UM PTKIN

Jalan Hayam Wuruk No. 15 AB Medan, Sumatera Utara

Mobile Phone Or WhatsApp: 08116714445

Facebook
Twitter
LinkedIn
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkini

Bimbel Adzkia Galleries