BIMBEL ADZKIA MEDAN

Ini Dia, 5 Mindset Orang Jepang Untuk Meraih Prestasi

Apa sih mindset orang jepang yang menjadi rahasia sukses mereka selama ini? prinsip yang menjadikan mereka sedemikian produktif sehingga menghasilkan banyak karya yang luar biasa. Resepnya, terletak pada mindset yang membentuk sikap, pola hidup dan etos kerja yang mengagumkan.

Produk-produk teknologi seperti Toyota, Mitsubishi, Honda, Canon dan Toshiba adalah barang terkenal asal jepang. Kemudian ada makanan jepang yang sangat terkenal seperti sushi dan teh. Belum lagi pada bidang seni dan perfilman, siapa sih yang tidak tahu serial detectif conan, komik dan masih banyak lagi.

Pentingnya Sebuah Mindset

Bangsa jepang terkenal dengan kegigihannya di masa lalu dan masa kini. Maka tak heran sejarah mencatatkan bahwa bangsa jepang adalah bangsa penakluk. Dengan populasi penduduk yang tidak banyak, namun pengaruh jepang bisa kita rasakan khususnya dibidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Nah, ADZKIA mau bedah  mindset orang jepang, sebuah resep rahasia kesuksesan mereka. Apa saja resep rahasianya? Baca sampai tuntas ya.

Baca disini : Prospek Kerja Cerah, Masuk Sekolah Kedinasan

Ikigai

Ikigai merupakan mindset yang mengharuskan kita untuk memiliki tujuan yang jelas. Pantas saja, orang jepang belajarnya semangat sekali karena mereka punya mapping atau arah hidup yang jelas. Tanpa adanya tujuan, kita tidak akan pergi kemana-mana. Benar kan?

Soshin

Mindset Soshin merupakan prinsip yang menempatkan diri menjadi seorang pemula. Maksudnya adalah orang jepang itu sangat terbuka dengan hal baru, ilmu baru dan wawasan baru. Sehingga, mereka secara terus menerus melakukan inovasi yang keren.

Kaizen

Ini merupakan mindset orang jepang yang mana setiap orang harus melakukan perubahan secara konsisten. Lawan dari konsisten adalah inkonsisten atau malas.

Memang faktanya, rasa malas merupakan faktor utama dari kegagalan. Kalau mau sukses kuncinya adalah buang rasa malas. Namun, untuk mengusir rasa malas itu tidak mudah! Kuncinya adalah mau melakukan sesuatu secara konsisten meskipun sedang tidak dalam kondisi terbaik.

Baca disini: Momen Ibadah Kurban, Syukuran Dan Makan Bersama Pegawai ADZKIA

Wabi Sabi

Mindset untuk selalu bersyukur. Melihat keindahan dalam suatu keadaan ketidaksempurnaan. memandang situasi apapun tetap terlihat indah. Dalam berproses, memang butuh kesabaran. Tidak ada hasil yang instan, semua butuh proses.

Prinsip wabi sabi ini yang menjadikan orang jepang tidak mudah menyerah karena ada sikap berfikir positif. Ada kemudahan setelah kesulitan.

Kintsugi

Mindset untuk selalu belajar dari kesalahan kemudian perbaiki dengan tinta emas. Ini yang menjadi kunci kenapa orang jepang terdepan dalam inovasi. Ketika mereka berbuat kesalahan, sikap yang benar adalah belajar dari kesalahan.

Mindet Untuk Meraih Prestasi

Bagi adik-adik yang sekarang duduk di bangku SMA khususnya kelas 12, apa pentingnya prinsip orang jepang ini untuk kesuksesan kamu? Coba perhatikan, prinsip yang sudah menjadi mindset orang jepang ini telah terbukti mengantarkan mereka kepada peradaban yang maju.

Prinsip ini pula bisa kamu praktikkan untuk meraih kesuksesan di UTBK SNBT, Seleksi PKN STAN atau Sekolah Kedinasan, dan seleksi apapun itu. Selanjutnya, tetapkan tujuan kamu (ikigai)), jadilah pembelajar baru (soshin) dan terus tingkatkan secara bertahap (kaizen). Apabila hasil belum sempurna tetap bersyukur (Wabi Sabi). Dan bersiaplah untuk melakukan perbaikan dan menoreh tinta emas (Kintsugi).

Apa yang menjadi tinta emas kamu, yaitu mencetak sejarah untuk menjadi mahasiswa terbaik di Perguruan Tinggi Negeri Terbaik bahkan bisa kuliah ke luar negeri. Yuk, mulai sekarang praktikkan mindset orang jepang ini untuk kesuksesan kamu. Semangat!

***

Bimbingan Konsultasi Belajar ADZKIA

  • Bimbel Super Intensif UTBK SNBT
  • Bimbel Persiapan Kedokteran
  • Bimbel Persiapan Ujian Mandiri

Jalan Hayam Wuruk No. 15 AB Medan, Sumatera Utara

Mobile Phone Or WhatsApp: 08116714445

Facebook
Twitter
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkini

Mini Galeri