Apa kabar adik-adik SOBAT ADZKIA. Ketahuilah bahwa orang yang sukses itu bukan cuma sukses akademiknya dan nilai rapornya, tetapi bagus juga dalam berkomunikasi. Orang-orang besar seperti pak Chairul Tanjung, Sandiaga Uno adalah orang kaya hartanya karena jago dalam meyakinkan orang lain. hari ini kita mau bahas tentang bagaimana agar gagasan kita melekat dibenak orang lain? Yuk pahami prinsip-prinsipnya;
1. Simple (Sederhana)
Untuk sampai kepada gagasan inti, kita harus ahli dalam membuang yang tidak perlu.
Kata seorang pengacara, “jika anda mengajukan sepuluh butir argumentasi, sekalipun semua butir tersebut sangat baik, ketika para majelis kembali ke ruang juri, mereka tidak akan ingat satu pun”

2. Unexpected (Tak Terduga)
Kalimat tak terduga misalnya satu kantong popcorn sama tidak sehatnya dengan makan makanan berlemak selama sehari penuh. Kejutan semacam ini akan meningkatkan kewaspadaan dan fokus audiens. Namun kejutan seperti ini tidak bertahan lama bila kita tidak membangkitkan minat dan keingintahuan.

3. Concrete (Konkret)
Menjelaskan dalam bentuk tindakan yang manusiawi dan informasi indrawi.
Kalimat konkret misalnya bak mandi yang dipenuhi es. Sehingga indra kita menangkap rasa dingin bila mandi di bak tersebut. Datanya konkret. Dalam komunikasi banyak yang keliru seperti pernyataan visi misi yang tidak konkret sehingga membingungkan.

4. Credentialed (Kredibel)
Salah satu saluran informasi yang kredibel adalah otoritas. Misalnya seorang dokter berbicara kesehatan, mekanik berbicara tentang perangkat mesin. Bagaimana bila tidak mempunyai otoritas. Bagaimana cara membuat orang percaya dengan gagasan kita? Kita bisa meniru Ronald Reagen dalam kampanye calon presiden AS. Dia mengatakan : “sebelum anda memberikan suara, tanyakan pada diri anda sendiri apakah anda lebih makmur hari ini daripada empat tahun lalu”
Arti kredibel adalah membiarkan orang lain menguji dirinya sendiri.

5. Emotional (Emosional)
Sulit membuat para remaja berhenti merokok dengan menanamkan rasa takut kepada konsekuensinya, tetapi lebih mudah membuat mereka berhenti merokok dengan memanfaatkan kebencian remaja tehadap kebohongan yang dilakukan perusahaan rokok. intinya adalah membuat mereka merasakan sesuatu.

6. Story (Cerita)
Cerita berfiungsi sebagai simulator mental dan persiapan. Petugas pemadam kebakaran selalu bertukar cerita dengan rekan yang lain setelah memadamkan kebakaran, tantangan dan hal yang dilakukan. Sehingga mereka mempunyai katalog mental yang lebih kaya dan lengkap tentang situasi kritis.

Demikian keenam prinsip gagasan yang berhasil. Agar lebih memudahkan ingatan, keenam prinsip disingkat dengan SUCCES (Simple, Unexpected, Concrete, Credentialed, Emotional, Story).
Semoga SUCCES ya !

**
Dari Buku “MADE TO STICK” Why Some Ideas Survive and Other Die by Chip Heath and Dan Heath

Leave a Reply