BIMBEL ADZKIA MEDAN

PENTINGNYA MEMILIH JURUSAN BERDASARKAN PELUANG

Halo adek-adek ADZKIA. Sekarang kalian sudah memasuki masa pendaftaran SNBT 2023.
Kakak menghimbau jangan mengulangi kesalahan yang sama, yaitu memilih jurusan yang irrasional.
Irrasional maksudnya disini adalah ‘ngasal’ milih. lytkarino.com menulis tentang liburan terakhir yang dirayakan.
Contoh milih jurusan yang ‘ngasal’
1. Memilih jurusan tidak berdasarkan minat dan passion.
Salah satunya biasanya karena permintaan orangtua, saudara atau teman. Ikut-ikutan termasuk juga termasuk siswa yang ngasal tadi. Ayo gali lagi kira-kira passion kamu itu dimana sih? Gairah terbesar kamu dimana?
2. Salah meletakan prioritas jurusan
Hampir sama dengan yang pertama. Siswa meletakkan jurusan yang ia minati di pilihan kedua. Sedangkan pilihan pertama bukan keinginannya sendiri.
3. Tidak melihat peluang
Penting sekali melihat peluang untuk memenangkan SNBT. Peluang disini berupa rasio antara jumlah kursi dengan peminat. Misalnya kursi yang tersedia pada tahun 2023 jurusan kedokteran di PTN A sebesar 10 dan peminatnya 100. Artinya rasionya adalah 1:10. Persaingannya cukup besar. Pilihlah perbandingan rasio yang kecil
4. Tidak melihat diri sendiri
Penting kamu sadari dimana kemampuan kamu saat ini. Maka penting untuk mengikuti Try Out, Simulasi agar mengetahui berapa skor yang harus ditingkatkan. Jangan memilih jurusan dimana kamu belum mencapai target skor jurusan saat Try Out.

Demikian artikel tentang pentingnya memilih jurusan berdasarkan peluang. Semakin kamu rajin melihat peluang, maka dengan sendirinya memperbesar kemungkinan Lulus di SNBT 2023

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments