Bimbel Adzkia

Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA, Event Terbesar Tahun 2023

Event Terbesar sukses terlaksana

Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA akhirnya berjalan dengan sukses. Event terbesar yang hanya diadakan sekali dalam setahun itu sukses menarik 2000 peserta. Peserta yang antusias itu berdatangan dari berbagai sekolah di medan dan luar kota medan. Hebatnya lagi, menjelang hari kegiatan masih banyak siswa yang memohon agar bisa mendaftar menjadi peserta. Sayangnya, kapasitas  Aula Raja Inal Siregar di kantor Gubernur Sumatera Utara tidak mampu menampung peserta lebih dari itu. Bagaimana acara yang dilaksanakan pada tanggal 26 November 2023 itu berlangsung? Kamu pasti penasaran kan,

Opening Ceremonial

Alumni Bimbel ADZKIA sebagai Master of Ceremony (foto: dok. panitia)

Kita masuk pada agenda pembuka Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA, Opening Ceremonial. Acara megah ini dibawakan oleh Master Ceremony (MC) paling keren. Siapa lagi kalau bukan, Kak Salsabila dan Kak Reisa Anindita. Mereka ini adalah alumni Bimbel ADZKIA dan keduanya sama-sama dari kampus yang sama, Universitas Sumatera Utara. Kak Reisa yang biasa dipanggil Kak Eca adalah Mahasiswi Ilmu Komunikasi dan Kak Salsa adalah Mahasiswi Pendidikan Dokter Gigi. Hebatkan, sudah cantik plus pintar pula lagi. Dan suara kakak-kakak ini pun menggelorakan semangat seluruh peserta yang hadir. “Apa kabar adik-adik peserta Olimpiade dan Seminar Nasional SNBT 2024?”, teriak suara yang berasal dari microphone MC keren itu.

Sambutan dari ketua panitia

sambutan ketua panitia (foto : dok. panitia)

Kakak MC mempersilahkan ketua panitia naik keatas panggung. “Mari kita sambut Ketua Panitia Pelaksana Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA, Bang Arwin Prino Tumanggor, S.Pd”. Tepuk tangan meriah dari peserta pun menggelegar . Siapa sih yang tidak mengenal bang Arwin, tentor senior yang paling disenangi siswa se- ADZKIA. Bang arwin mengucapkan terimakasih atas kehadiran peserta, kehadiran narasumber seminar hingga tak lupa memberikan penghargaan kepada panitia pelaksana.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya

Maulana Al-Tariq, Alumni Bimbel ADZKIA, Mahasiswa Manajemen USU (foto : dok. panitia)

Peserta Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA seluruhnya berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan Khidmat. Setelahnya, acara dimulai dengan pembacaan Doa oleh Bang Maulana Al-Tariq. Nah, perlu kamu ketahui bang maulana yang juga Alumni Bimbel ADZKIA adalah Mahasiswa Manajemen USU juga lho. Acara keren ini full diisi oleh siswa ADZKIA dan alumni-alumni ADZKIA berprestasi.

Modern Dance oleh ADZKIA Dancer

penampilan modern dance memukau para peserta (foto : dok. panitia)

Modern dance, kreativitas siswa ADZKIA (foto : dok. panitia)

Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA tambah lebih semarak dengan performace oleh ADZKIA Dancer.  Modern Dance yang dibawakan siswa ADZKIA ini mampu memukau seluruh peserta yang hadir. Tampak para peserta yang hadir, memegang Handphone-nya merekam para Dancer. Peserta tak henti-hentinya berteriak saat para Dancer melakukan aksinya diatas panggung. ADZKIA Dancer yang berasal dari SMA Negeri 5 Medan ini pun sukses mendapatkan ‘standing aplause’ yang meriah dari peserta Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA.

Seminar Nasional

Seminar Nasional yang merupakan rangkaian acara Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA. Seminar Nasional dengan tema : “Bongkar Rahasia Lulus SNBP dan SNBT 2023”, mengundang narasumber hebat. Pada tahun ini, Bimbel ADZKIA mengundang  pemateri nasional diantaranya adalah Prof. Irwan Prayitno, M.Sc, Muhammad Sarif dan H. Jamhur Abdullah, M.Si.

Materi Sesi Pertama

Prof. Irwan Prayitno sedang memberikan seminar (foto : dok. panitia)

Pemateri pertama Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA adalah Prof. Dr. Irwan Prayitno, M.Sc,Psikolog. Menjadi narasumber utama, prof. Irwan disambut dengan antusias ketika sampai diatas panggung. Bukan hanya saja memberikan semangat, beliau memberikan pengetahuan tentang pentingnya memilih jurusan di Perguruan Tinggi Negeri. “Bahwa 87 persen mahasiswa salah dalam memilih jurusan”, kata beliau memulai seminarnya. Dan sampailah pada sesi tanya jawab, kakak MC memberikan kesempatan kepada peserta. “bagaimana strategi memilih jurusan pada SNBP, prof?” kata salah satu penanya pada kesempatan ini.

Untuk memilih jurusan di SNBP, kamu harus melihat berbagai aspek. Pertama, melihat jumlah alumni kamu yang kuliah pada PTN tersebut. Kedua, jurusan yang akan kamu ambil pastikan hanya sedikit peminatnya di sekolah. Lantas, untuk memastikan jumlah peminat tersebut dengan berkordinasi dengan pihak sekolah. Peran alumni ternyata sangat berkontribusi positif atas kelulusan kamu di SNBP. Apalagi kalau alumni kamu berprestasi pada kampus tersebut. Demikian sedikit cuplikan sesi tanya jawab bersama Prof. Irwan Prayitno.

Sebagai informasi, Prof. Irwan Prayitno pernah menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat selama dua periode. Lengkap sudah profil pemateri Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA kali ini. Beliau berpengalaman sebagai psikolog, akademisi, praktisi penjurusan PTN hingga menjabat sebagai Rektor Universitas terkemuka dan Gubernur Provinsi.

Materi Sesi Kedua

Muh. Sarif memberikan motivasi kepada peserta (foto : dok. panitia)

Pemateri Olimpiade dan Seminar ADZKIA selanjutnya adalah Muhammad Sarif. Begitu dia memasuki panggung, applaus yang meriah menggema di Aula Gubernur Sumatera Utara. Pemateri yang biasa dipanggil bang Sarif bukan lah pemateri biasa. Peserta dari SMA Negeri 3 Medan tentu sudah pasti mengenal abang yang satu ini. Salah seorang senior berprestasi yang pernah menjabat sebagai Ketua OSIS pada masanya. “Agar lulus di SNBP, nilai rapor kamu harus konsisten naik”, bang sarif memulai seminarnya.

Sebagai Mahasiswa Pendidikan Dokter, Universitas Padjajaran, merupakan pencapaian yang diimpikan banyak siswa se-Indonesia. Siapa sih yang engga kagum dengan Mahasiswa UNPAD, jurusan Kedokteran lagi. Kehadiran bang sarif menjadi kehormatan untuk adik-adik peserta karena sebenarnya ia sendiri dalam masa kompetisi PIMNAS. Kompetisi bergengsi Mahasiswa se-Indonesia. Bang sarif menyempatkan hadir ditengah persiapannya dalam kompetisi PIMNAS. Setelah mengisi seminar, bang sarif harus terbang ke Bandung pada hari itu juga.

Materi Sesi Ketiga

Direktur Bimbel ADZKIA sedang memberikan seminar (foto: dok.panitia)

Olimpiade dan Seminar ADZKIA menjadi lebih istimewa karena kedatangan Bapak H. Jamhur Abdullah, ST, M.Si. Beliau adalah Direktur Bimbel ADZKIA sekaligus pengusaha nasional. Dalam seminar sesi ketiga ini, Beliau memberikan  materi tentang “How To Be The Winner” kepada peserta.

“Adik-adik, perlu kamu ketahui bahwa hanya 5% penduduk dunia yang menguasai 95% Uang yang beredar di Dunia,” terang beliau memulai Seminarnya. Semua peserta terkejut mendengarkan apa yang beliau sampaikan.

Lantas, Pak Jamhur melanjutkan kembali, “Sementara 95% Penduduk dunia memperebutkan Sisa 5% uang yang beredar di Dunia.” Untuk itu yang perlu kamu perkuat adalah Spiritual, Leadership dan Enterprenuership.

Bimbel ADZKIA yang beliau dirikan mempunyai konsep pembelajaran yang akan melahirkan enterpreuneur dimasa depan. H. Jamhur Abdullah pernah menjabat sebagai anggota legislatif pada masanya ini memberikan 4 tips agar sukses yaitu Doa, Usaha, Istiqomah dan Tawakkal. Disingkat dengan “DUIT”. Siap yang mau Duit? Maka lakukanlah 4 tips sukses itu agar mendapatkan apa yang kita inginkan.

Olimpiade SNBT

peserta sedang melaksanakan Olimpiade SNBT (foto : dok. panitia)

Akhirnya kita masuk pada acara yang paling ditunggu pada Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA, Olimpiade SNBT 2024. Materi Olimpiade SNBT ini terdiri dari Soal Penalaran Umum (PU), Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM), Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU), Pengetahuan Kuantitatif (PK) dan Literasi Bahasa Inggris.

Ada empat alasan, mengapa kamu mengikuti Olimpiade. Pertama, Kamu menjadi lebih tahu soal-soal ujian yang terupdate sehingga kamu menjadi lebih siap menghadapi SNBT 2024

Kedua, menambah pengalaman untuk menghadapi SNBT sebenarnya. Semakin sering mengikuti Olimpiade maka kamu semakin terbiasa dalam menghadapi tekanan. Banyak pengalaman siswa yang gagal dalam SNBT itu karena disebabkan tidak mampu menghadapi tekanan. Tekanan itu bisa berasal dari sulitnya soal, keterbatasan waktu dan dari diri kamu sendiri.

Ketiga, menjadi bahan evaluasi belajar kamu. Dalam Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA ini kamu dapat mengukur sejauh mana kemampuan kamu selama ini.

Keempat, menambah relasi dan pertemanan. Jangan salah lho, pada acara Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA hadir 2000 peserta dari berbagai sekolah di Medan dan luar Kota Medan.

Pembagian Hadiah Doorprize

peserta mendapatkan special doorprize smartphone (foto : dok. panitia)

peserta mendapatkan voucher dari panitia (foto : dok. panitia)

Salah satu yang paling ditunggu dalam acara Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA adalah Doorprize. Semua peserta yang hadir makin gugup ketika MC mulai mengundi nama peserta yang beruntung mendapatkan Doorprize. Pada acara kali ini, Bimbel ADZKIA menyediakan Special Doorprize berupa 2 unit Smartphone Samsung, Voucher Gopay, Merchandise, T-Shirt ADZKIA dan Hadiah menarik lainnya.

Pengumuman Juara Olimpiade

pemenang Juara 1 Olimpiade SNBT (foto: dok. panitia)

Akhirnya sampailah pada acara yang ditunggu-tunggu yaitu Pengumuman Juara Olimpiade. Pada Olimpiade dan Seminar Nasional tahun 2022 dimenangkan oleh Siswa SMA Negeri 15 Medan. Lantas, Siapakah yang memenangkan Juara pada Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA tahun 2023? Berikut ini kakak sampaikan pemenang  Juara 1, Juara 2 dan Juara 3.

Pemenang Juara 1 Olimpiade dinobatkan kepada Ash- Sarah Said Ritonga dari SMAN Negeri 5 Medan.

Pemenang Juara 2 Olimpiade diberikan kepada Muhammad Raditya Rahman dari MAN 2 Model Medan

Pemenang Juara 3 Olimpiade diberikan kepada Rakha Haidar Hasibuan dari SMA Negeri 5 Medan

Penutupan Acara

pemenang juara Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA (foto : dok. panitia)

Panitia pelaksana Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA (foto : dok. panitia)

Acara puncak Olimpiade dan Seminar Nasional ADZKIA telah berada dipenghujung Acara. Acara selesai dengan ditutup dengan Foto Bersama.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Keranjang Belanja
  • Your cart is empty.